Thursday, June 21, 2018

TV LED TIBA-TIBA HILANG GAMBAR TAPI SUARA MASIH ADA?INI PENYEBABNYA.. |Ayo Reparasi Sendiri

Mungkin Dari Teman-teman ada yang memiliki LED TV yang tiba-tiba gambarnya hilang atau gelap tetapi suaranya masih kedengeran...

Beberapa hari yang lalu TV saya sempat mengalami hal itu..

Karena saya tidak sempat untuk ke tukang service akhirnya saya coba untuk bongkar sendiri..

Sembari saya bongkar sambil browsing browsing di internet ternyata yang menjadi penyebab layar TV saya mati adalah lampu backlight nya putus..

Setelah saya bongkar dan saya cari ternyata benar, ada sederet lampu led strip yang tidat nyala..  Letaknya di bagian bawah layar LED, mungkin beda beda letaknya ya untuk masing-masing merk TV dan merk TV saya adalah SANKEN dengan layar 22 INCH.

Sempat saya coba ganti pakai LED strip yang biasa dipakai untuk ceiling drop plafon gipsum,  tapi hasilnya kurang maksimal karena jarak antar lampu lumayan renggang, jadinya ada yang gelap di sebagian layar dan gak bisa terang sempurna.

Akhirnya saya coba browsing lagi untuk cari sparepart lampu backlight tv led di salah satu toko online dan akhirnya saya dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau..  Hanya 25rb saja, setelah 2 hari saya beli akhirnya datang lampu backlight yang sudah saya order sebelumnya.

Kemudian saya coba ganti sendiri dengan harapan berhasil dan tidak usah ke tukang service.








Akhirnya berhasil reparasi sendiri..
😁..

Untuk teman-teman yang mempunyai masalah serupa, bisa di coba bongkar sendiri.. Karena di tukang service biaya reparasi bisa kisaran 300-450rb..  Itung itung buat jajan anak bro..

Intinya adalah...
Kalau TV teman teman masih nyala tapi tinggal suaranya aja.  Kemungkinannya adalah Lampu Backlightnya yang harus di ganti.

Terimakasih saya ucapkan untuk teman teman sekalian dan semoga sharing kali ini bermanfaat ..

Salam



CARA RESET PRINTER CANON E510






No comments:

Post a Comment

Mari budayakan berkomentar dengan sopan. Terima kasih